SATRESKRIM POLRES JEMBER – Dua orang pelaku pencurian bermotor (curanmor) antar kota berhasil dilumpuhkan anggota Resmob Polres Jember bersama dengan Satuan Reskrim Polres Jember di  wilayah PG. Semboro.

Kapolres Jember AKBP. Kusworo Wibowo SH. Sik. MH. saat press converence Jum’at 02/03/2018 mengatakan, ” Penangkapan ini bermula berdasarkan informasi dan laporan dari masyarakat sekitar yang kemudian ditindak lanjuti oleh SatReskrim pimpinan AKP. Erick Pradana. Dari hasil penyelidikan tersebut, selanjutnya diperoleh beberapa nama pelaku dan penadahnya ” ujar Kapolres

Kedua pelaku berinisial (SM) umur 43 tahun alamat Desa Yosorati, Kec. Sumberbaru dan (EF) umur 35 tahun alamat Desa Gelang, Kec. Sumberbaru, kedua tersangka ini  harus ditembak lantaran mencoba melawan dan melarikan diri, saat ingin menunjukkan TKP untuk pengembangan, meski polisi telah memberikan tembakan peringatan ke udara sebanyak tiga kali. Tersangka (SM) ini merupakan residivis dan pernah divonis hukuman 1 tahun 6 bulan penjara di Kab. Probolinggo dengan kasus yang sama.

Dari hasil penyelidikan awal diperoleh informasi bahwa sebagian dari kendaraan tersebut merupakan hasil curian dari pelaku yang berasal dari luar kota Jember. Terrsangka mengakui telah mencuri motor di 19 TKP ( Tempat Kejadian Perkara) dan di empat Kabupaten berbeda. Yaitu di Kab. Jember dengan 11 TKP, Kab. Lumajang dengan 5 TKP, Kab. Pasuruan dengan 1 TKP, Kab. Bondowoso dengan 1 TKP dan Kab. Jombang dengan 1 TKP.

Dengan barang bukti 3 unit sepeda motor yang masih utuh, dan beberapa spare part sepeda motor yang sudah di bongkar atau “dipreteli”, dan 1 kunci T serta 4 buah plat nomor kendaraan. Kedua pelaku sudah diamankan dan saat ini masih melakukan pengembangan guna mengungkap semua jaringan tersangka.

Kedua tersangka ini akan mempertanggung jawabkan perbuatannya karena telah melanggar pasal 363 ayat 1 dengan ancaman hukuman pidana selama 7 tahun penjara.(brt)