SATRESKRIM POLRES JEMBER – 2 spesialis pencurian HP yang sudah beraksi di 15 TKP berinisial RK dan MF warga Kaliwates, serta seroang penadahnya berinisial SH warga Jalan Sultan Agung Kaliwates, Sabtu sore ditangkap Tim Resmob Polres Jember. Polisi terpaksa melumpuhkan kaki salah satu tersangka berinisial RK, karena sempat melakukan perlawanan saat hendak ditangkap.

Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo menceritakan, tanggal 25 Januari lalu pihaknya menerima laporan dari korban atas nama Amanah Rizal warga Kepatihan, yang mengaku kehilangan HP saat berada di sebuah warung kopi di Jalan Letjen Sutoyo Sumbersari. Setelah melakukan penyelidikan selama 2 bulan, akhirnya polisi menemukan barang milik korban ada pada tersangka berinisial SH.

Dari tersangka SH inilah polisi berhasil menangkap pelaku berinisial RK dan MF di rumah masing-masing. Tersangka RK terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas, karena sempat melakukan perlawanan saat hendak ditangkap. Di hadapan petugas kedua pelaku mengaku sudah pernah melakukan aksinya di 15 TKP di sejumlah cafe dan Rumah Kos seputaran Kampus.

Lebih lanjut Kusworo menjelaskan, dari tangan tersangka polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa sebuah HP milik korban, dan sejumlah perhiasan hasil penjualan barang kejahatannya, serta sebuah sepeda motor milik tersangka. Akibat perbuatannya tersangka RK dan MF dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman maksimal 7 tahun penjara. Sementara tersangka SH dijerat pasal 480 KUHP tentang penadahan hasil kejahatan, dengan ancaman maksimal 4 tahun penjara.

Sumber : http://www.kissfmjember.com/2018/03/26/polisi-tangkap-pelaku-pencurian-hp-di-15-tkp.html