SATRESKRIM POLRES JEMBER – Setelah lebih dari satu minggu melarikan diri, TJ (22) warga Kecamatan Semboro terdakwa kasus narkoba akhirnya berhasil ditangkap Satnarkoba Polres Jember bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Jember di Provinsi Kalimantan Selatan.

“Terdakwa berhasil ditangkap kembali tepat 8 hari sejak pelariannya di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan. Tersangka kabur (dari persidangan) dengan dibantu istrinya berinisial E,” kata Kapolres Jember, AKBP Kusworo Wibowo, kepada sejumlah media dalam press conference di Mapolres, Kamis (24/5/2018).
Diberitakan sebelumnya, TJ merupakan terdakwa kasus kepemilikan 22 klip plastik yang berisi sabu-sabu seberat 10,37 gram dan tertangkap polisi pada 20 Januari 2018. TJ kabur dari persidangan, Selasa (16/5/2018) lalu saat menunggu giliran akan dilakukan pembacaan tuntutan terhadap dirinya di Pengadilan Negeri Jember.
“Untuk terdakwa TJ tidak kami lakukan pemeriksaan kembali, karena yang bersangkutan dalam persidangan sudah tahap tuntutan. Sedangkan E (istrinya) akan kami lakukan pemeriksaan dan pemberkasan karena membantu TJ melarikan diri,” jelas Kapolres.
Sementara itu, Kejari Jember yang kecolongan saat tahanannya kabur ketika menunggu giliran untuk disidang mengatakan, pihaknya dalam melakukan pengawalan terdakwa sudah sesuai prosedur.

“Kalau pengamanan di pengadilan sudah sesuai SOP. Kita tidak ingin membicarakan hal (kaburnya terdakwa) yang sudah lewat, tapi yang jelas saat ini, terdakwa sudah berhasil kita amankan kembali. Dan, kedepan pengamanan di pengadilan akan ditingkatkan lagi,” Ucap Cahyo Madiastrianto, Kasi Pidana Umum Kejari Jember.

TJ kini terancam dengan tuntutan lebih dari 10 tahun penjara. Kasi Pidum menyebutkan, Jaksa Penuntut Umum akan menuntut terdakwa seberat-beratnya.

“Yang jelas tuntutan JPU nanti maksimal, yaitu 12 tahun penjara. Tuntutan ini tidak ada unsur balas dendam terhadap terdakwa yang telah kabur. Tetapi, karena perbuatan terdakwa sebagai tindakan yang memberatkan dirinya, serta barang bukti narkoba yang banyak,” tandasnya.

Sumber : http://penanusantara.id/main-mobile/berita_detil-2019-detil.html