JEMBER, FaktualNews.co – Sebagai langkah pencegahan dan antisipasi penyebaran Virus Corona, Polres Jember, Jawa Timur menggunakan mobil Armored Water Cannon (AWC) berkeliling di jalanan protokol kota menyemprotkan sekitar 10 ribu liter cairan disinfektan.

Dengan dikawal 3 mobil patroli, rombongan berangkat dari Mapolres Jember sekitar Pukul 13.30 WIB. Melintasi wilayah Jalan Ahmad Yani, Jalan Trunojoyo, Jalan Samanhudi, Jalan Diponegoro, kemudian ke alun-alun kota, dan kembali ke mapolres.

Selain menyiram jalanan, mobil AWC Polres Jember itu juga menyiram lokasi titik-titik keramaian, seperti halnya di kawasan Pasar Tanjung.

Kemudian mobil patroli yang mengawal melalui pengeras suara memberikan himbauan untuk tidak berkumpul di titik keramaian, dan juga bagaimana cara mengantisipasi Virus Corona dengan melalukan cuci tangan yang benar dan menerapkan pola hidup bersih.

“Mobil AWC itu berkeliling dari mapolres ke lokasi titik-titik keramaian menyiramkan sekitar 10 ribu liter cairan disinfektan. Dengan harapan selama kurang lebih 9 jam ke depan dapat mengurangi penyebaran virus corona itu,” kata Wakapolres Jember Kompol Windy Syafutra, Selasa siang (24/3/2020).

Kompol Windy menjelaskan, upaya penyiraman cairan disinfektan itu sebagai langkah pencegahan.

“Karena kita tahu menangkalnya dengan menyiram cairan tersebut, juga mobil patroli yang mengawal juga memberikan himbauan agar masyarakat tidak berkumpul pada satu titik keramaian, dan juga menerapkan cuci tangan serta pola hidup bersih,” ulasnya.

Terdapat sekitar 14 personel dikerahkan untuk melakukan penyiraman tersebut. “Di mobil AWC ada 6 personel, kemudian pada 3 mobil patroli ada 8 orang. Jadi berkeliling itu sembari bersosialisasi antisipasi corona, juga menyiram,” sebutnya.

Terkait kegiatan menyiram cairan disinfektan itu, Polres Jember berupaya melakukannya setiap hari dengan skala penyiraman lebih luas lagi.

“Kita upayakan mungkin tiap hari, dan jangkauannya lebih luas wilayahnya. Tapi mempertimbangkan bahan cairan disinfektan ini, karena sekarang langka mendapatkannya, ya semoga bisa ada solusi lebih baik,” pungkasnya.