Jember – Sat Reskrim Polres Jember mengadakan press conference, yang bertempat di Mako Polres Jember, ungkap kasus terkait tindak pidana pencurian hewan dan pencurian dengan pemberatan, Jumat (28/01/22).

Ungkap kasus tindak pidana pencurian hewan tersebut di dasari oleh 4 TKP yaitu Desa Arjasa Kecamatan Sukowono, Desa Randuagung Kecamatan Sumberjambe, Desa Sebanen Kecamatan Kalisat dan Desa Kalianyar Kecamatan Tamanan Bondowoso.

2 pelaku yang di duga melakukan pencurian hewan tersebut berhasil diamankan oleh Sat Reskrim Polres Jember yang berinisial AY (38 tahun) Sukowono dan M(51 tahun) Sukowono, sedangkan 2 pelaku BI dan FL masih dalam pencarian.

Press Conference yang dipimpin langsung oleh AKP Komang Yogi Arya Wiguna, Kasat Reskrim menjelaskan kronologi kejadian, ” Pagi pukul 04.00 Wib Polisi mendapatkan informasi ada transaksi penjualan sapi hasil curian di daerah Mumbulsari dan setelah dilakukan penyelidikan kemudian dilakukan penangkapan terhadap AY dan M di mana pelaku sedang Kedapatan membawa sapi dengan menggunakan mobil Daihatsu zebra, hasil curian dari Tamanan dan akan di jual ke B, ketika dilakukan penggerebekan Pelaku yang sekarang masuk daftar DPO berhasil melarikan diri dan 6 sapi milik pelaku yang di duga hasil kejahatan berhasil diamankan”, jelasnya.

Untuk ungkap kasus selanjutnya adalah pencurian sepeda motor dengan menggunakan kunci T, pelaku yang berhasil di amankan yaitu SB (38tahun) Mumbulsari dan K (27 tahun) Mumbulsari, dengan kasus pengembangan 6 TKP yang berbeda.

Komang menjelaskan modus pencurian dengan cara merusak rumah kunci motor dengan kunci T, dan menerangkan kronologi kejadian, ” Awalnya pelaku sedang mencari sasaran selanjutnya dengan cara berkeliling, kemudian pelaku melihat adany kendaraan Revo dengan nomor polisi P-6009-GA sedang parkir di area persawahan Dusun Krajan Desa Glagahwero, Kecamatan Kalisat, di rasa aman dan tidak ada pemiliknya, maka pelaku melakukan aksinya dengan merusak kunci dan membawa kabur kendaraan tersebut”, Jelasnya.

Dari hasil penyelidikan lebih lanjut akhirnya kedua pelaku tersebut berhasil diamankan oleh Satreskrim Polres Jember, ” kedua kasus tersebut dikenakan pasal 363 ayat 1 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara”, imbuh Kasat Reskrim Polres Jember. (A&Y)